Mei 29, 2013

Pengenalan komponen hardware PC

1. CPU/Processor



Posessor merupakan bagian penting dalam sebuah komputer karena fungsi adalah untuk melakukan proses melakukan eksekusi yang diperintahkan oleh user. Prosessor adalah chip yang sering disebut "Microprosessor" yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan keceoatan prosessor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosessor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix, Intel, IBM, dan IDT.
Bagian terpenting dari prosessor terbagi menjadi 3 yaitu :
  • Aritmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)
Setiap jenis prosessor memiliki jumlah kaki/pin yang berbeda, jadi user juga harus menyesuaikan dengan motherboard yang digunakan.



2. MotherBoard


Motherboard banyak disebut sebagai induk dalam sebuah komputer, mengapa begitu ? karena fungsinya yang menghubungkan semua komponen hardware dalam sebuah komputer sehingga semuanya saling berhubungan. Didalam motherboard terdapat sebuah chipset yang fungsinya untuk memberikan identitas motherboard dan memnentukan suport tidaknya komponen lain terhadap motherboard itu sendiri. Selain itu didalam motherboard juga terdapat beberapa socket yang berbeda dengan setiap motherboard antara lain seperti : slot CPU/Prosessor, Slot PCI, Slot AGP, SATA, ATA, Built in port dan lain-lain.


3. Power Supply



Power Supply ini merupakan pemberi pasokan tenaga listrik kepada semua komponen komputer yang terpasang sehingga merubah arus AC menjadi arus DC. Harus diperhatikan juga dalam pemilihannya agar sesuai dengan kebutuhan hardware yang digunakan karena jika tidak sesuai dengan kebutuhan kemungkinan besar hardware akan cepat rusak terutama jika dayanya berlebihan dan tidak beraturan. Didalam power supply terdapat beberapa socket yang memiliki jumlah pin yang berbeda.


4. RAM (Random Akses Memory)


RAM adalah sebuah media penyimpanan internal yang bersifat sementara dan hanya bekerja disaat komputer hidup saja. RAM ini juga merupakan salah satu komponen pinting dalam sebuah komputer karena besarnya ukuran RAM sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses sebuah komputer ketika menjalankan sebuah aplikasi.
Perkembangan RAM :

  • SDRAM (Jenis RAM ini banyak digunakan pada komputer Pentium I hingga Pentium IV, RAM ini mempunyai 168 pin dan 2 bagian celah pada kakinya)
  • Ranbus RAM (Ram yang digunakan pada Pentium IV, dan sudah memiliki fasilitas dual channel)
  • Sybclink DRAM (Ram yang mempunyai bandwidth maksimum 1600mb/sec, dengan kecepatan 200MHz)
  • DDR dan DDR 2 (Dengan menggunakan pin sebanyak 183 dan hanya 1 celah kaki, RAM ini bisa 2 kali lebih cepat dari SDRAM)
  • DDR 3 (Ini merupakan genarasi terbaru dari RAM yang banyak digunakan, selain kecepatannya yang  lebih cepata dari generasi pendahulunya unitnya pun mudah didapakan dengan harga yang relatif murah)
5. VGA Card


Vga merupakan sebuah hardware yang berfungsi memberikan output grafik yang telah diproses, vga ini telah terdapa didalam motheroard yang dinamakan vga onboard. Tetapi jika menginginkan hasil grafik yang lebih baik maka bisa menggunakan vga non-onboard atau tambahan, biaasanya vga non-onboard ini digunakan untuk para gamers yang membutuhkan spesifikasi tinggi untuk menjalankan suatu game yang diinginkan. Saat ini vga yang banyak digunakan yaitu Ati Radeon dan NVidia.

6. LAN Card & Sound Card


Sama seperti vga card, LAN card dan Sound card pun sudah terdapat dalam motherboard. LAN card merupakan sebuah socket jaringan yang berfungsi untuk membirikan jaringan internet atau juga dapat menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Sound card bagi pencita musik ini sangat dibutuhkan karena dengan sound card pengguna komputer dapat mendengarkan musik dengan kualitas yang sangat tinggi.


7. Harddisk


Sama hal nya dengan RAM, harddisk juga merupakan media penyimpanan dalam komputer tetapi harddisk merupakan penyimpanan eksternal sehingga sifat penyimpanan permanen sehingga dalam keadaan mati pun data yang kita simpan tidak akan hilang. Ukurannya sangat berfariasi mulai dari hanya beberapa gigabyte hingga ribuan gigabyte atau bahkan terabyte. Dalam pemilihan harddisk kita harus memperhatikan socket yang dimiliki motherboard dan harddisknya sendiri antara lain seperti SATA dan ATA.

8. CD/DVD ROM DRIVE


CD/DVD ROM DRIVE adalah sebuah piranti yang digunakan untuk membaca dan menulis sebuah disk penyimpanan berupa CD/DVD.


9. Casing Tower

Adalah sebuah tempat penyimpanan seluruh komponen hardware dalam komputer, didalam paket pembelian sebuah casing tower sudah disediakan power supply. Ukuran dan harga dari casing tower sangat bervariasi mulai dari 100 ribu hingga jutaan rupiah.


0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates